Selasa, 21 April 2015

PERKEMBANGAN DUNIA IT

  • Pengertian IT 
Information Technologi adalah suatu alat teknologi apapun yag membantu manusia dalam membuat, menyimpan, mengubah, dan menyampaikan dan menyebarkan informasi. IT komputasi yang distukan dengan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, gambar, suara, atau video. 

Perkembangan Teknologi
  •  Peranan IT
1.      Teknologi informasi menggantiakn peran manusia
2.      Teknologi memperkuat peran manusia
3.      Teknologi Informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia

  • Pengertian Komputer
Komputer adalah sebuah alat yang dapat dipergunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur atau perintah yang telah dirumuskan. Komputer secara lebih mudah dapat diartikan sebagai system pengolah informasi. Pada awalnya computer adalah sebutan untuk alat yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan aritmatika. 
  • Sejarah dan Perkembangan Komputer
Komputer adalah salah satu perangakat informasi yang cukup berperan penting dalam peradaban kehidupan manusia. Charles Barbagge adalah seorang ilmuan matematika asal Inggris yang menciptakan computer pertama kali pada tahun 1822. Dengan penemuannya itu Charles Babbage dianggap sebagai Bapak Komputer Modern. Pada tahun 1937 Prof. Howard Aikem seorang ahli matematika dari Univ. Harvard mulai merancang pembuatan computer yang dapat mengoperasikan aritmatika dan logika secara otomatis. Dengan bantuan perusahaan IBM komputer ini dapat terselesaikan pada tahun 1944. Komputer ini diberi nama Havard Mark I Automatic sequence-Controled Calcolator (ASCC)
Periode
Tahun
Ciri-ciri Komputer
I
1946-1959
1.      Komputer ini menggunakan tabung hampa (vacuum-tube) sebagai komponen utama untuk menyimpan dan memproses informasi.
2.      Ukuran komputer ini berukuran sangat besar. Kurang lebih 15.000 kaki persegi luas lantai yang digunakan. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 200 kilowatt.
3.      Contohnya: Tahun 1953 komputer IBM 701 dan tahun 1959 IBM 705 yang digunakan umtuk industri.
II
1959-1964
1.      Komputer ini menggunakan transitor yang lebih kecil, lebih murah, lebih handal, dan lebih tidak panas dibandingkan dengan tabung hampa.
2.      Menggunakan materi magnetic (magnetic disk dan magnetic tape)
3.      Peningkatan computer cukup pesat, operasi lebih cepat, komputer mulai digunakan secara luas untuk aplikasi sains dan bisnis.
4.      Contohnya: Komputer PDP 5 dan PDP 8 (komputer mini komersial pertama.
III
1967-1970
1.      Komputer ini menggunakan komponen IC (Integrated Circuit), yang mengandung ribuan transistor, resistor, dan diode.
2.      Ukuran relative lebih kecil dari generasi kedua. Mempunyai kapasitas yang lebih cepat, dan listriknya lebih kecil.
3.      Alat output-input mengalami perkembangan visual displeyterminal. Dapat melakukan multiprocessing dan multiprogramming.
4.      Contohnya: IBM S/30, PDP 11
IV
1971-1980
1.      Era komputer generai keempat, komputer menggunakan tekhnologi LSI (Large Scale Integration) dan VLSI (Very Large Style Integrated) yang memungkinkan sebuah chip yang berukuran kecil dapat mengandung ratusan ribu transistor dan komponen elektronika lainya.
2.      PC (percosal Computer mulai berkembang
3.      Contohnya: Apple 2, Xerox Corporation.
V
1981- Sekarang
1.      Pada generasi ini, Van Neumann seorang pencetus arsitek komputer konvensional yang berkembang hingga sekarang.
2.      Informasi yang diperoleh komputer dapat lebih berurutan. Karena menggunakan Massively Parallel Proccesor, komputer ini menjadi lebih murah.
3.      Contohnya: IMB PC

Hasil gambar untuk perkembangan dunia ITHasil gambar untuk KOMPUTER GENERASI PERTAMA

  •  Pengertian Teknologi  Komunikasi
Adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosal, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya . Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain :
  • Bidang pendidikan(e-education).
  • Dalam Bidang Pemerintahan (e-government).
Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
- Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi utama.
- Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
- Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar rak buku.
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar